foto1
Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
foto1
Kompetitif di Wilayah Sumatera pada Tahun 2026
foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Mengembangkan Kerja Sama dengan Berbagai Lembaga atau Instansi Terkait
foto1
Kompetensi Pendukung Lulusan: Jurnalis Media Cetak, Jurnalis Media Televisi, Pengajar BIPA

Mencerdaskan dan Menginspirasi Anak Bangsa

Statistik Pengunjung

394747
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
543
244
1297
391705
3459
6501
394747

Your IP: 54.159.51.118
Server Time: 2018-12-12 23:11:24

Login Form

CURRICULUM VITAE

A.    Identitas Diri

 

1

Nama Lengkap (dengan gelar)

Dra. Indriani Nisja, M.Pd.

2

Jenis Kelamin

Perempuan

3

Jabatan Fungsional/Pangkat

Lektor/III C

4

NIDN

1027076701

5

Tempat/Tanggal Lahir

Batusangkar/ 27 Juli 1967

6

E-Mail

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

7

Nomor Telpon/HP

081363654342

8

Alamat Rumah

Perum. Anak Air Permai F 13 lbk Buaya Padang

9

Program Studi

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

10

No Sertifikat Dosen

02799

11

URL Google Shcoolar

 https://scholar.google.co.id/citations?user=RDMwbEkAAAAJ&hl=id&oi=ao

12

URL SINTA

 http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=5973654&view=overview

 

13

Roadmap

 http://indonesia.stkip-pgri-sumbar.ac.id/images/RoadmapDosen/Indriani%20Nisja.JPG

 

 

B.     Riwayat Pendidikan

 

 

S-1

S-2

Nama Perguruan Tinggi

Universitas Bung Hatta

Universitas Negeri Padang

Bidang Ilmu

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Bahasa Indonesia

Tahun Masuk

1987

2008

Tahun Lulus

1992

2010

Judul Skripsi/Tesis/ Disertasi

Analisis Kesalahan Penataan Paragraf Siswa SMAN Batusangkar

Peningkatan keterampilan Berbicara murid TK Raudhatul Athfal meggunakan Teknik Bermain Peran

Promotor

Drs. Wirsal Chan, Prof. M. Atar Semi, M.Pd.

Prof. Zainil, Prof Agustina, M.Pd.

 

 

 

 

C.    Riwayat Jabatan Fungsional

 

Nama Jabatan

No SK

Tgl SK

TMT

Kum

Lebih Kum

Asisten Ahli

Madya/AA-100

 

 

 

 

 

Asisten Ahli/AA-150

150/010/KP/SK-PAK/2011

16 Mei 2011

1 Juni 2011

150

-

Lektor Muda

 

 

 

 

 

Lektor Madya

 

 

 

 

 

Lektor

379/010/KP/SK-PAK/2015

29 Mei 2015

1 Juni 2015

200

78

 

D.    Riwayat Kepangkatan/Golongan

 

Nama pangkat/

Golongan

No SK

Tgl SK

TMT

Tahun

Bulan

Penata muda-

III/A (CPNS)

 

 

 

 

 

Penata muda-

III/A (PNS)

 

 

 

 

 

Penata Muda

TK.I-III/B

218/010/KP-INPS/2014

28 Februari 2014

3 Maret 2014

2

9

Penata-III C

1549/K10/KP-INPS/2016

31 Agustus 2016

1 September 2016

5

3

 

E.     Pengalaman Penelitian

 

No

Tahun

Judul Penelitian

Sumber

1

2012

PeningkatanKeterampilanMenulis

DeskripsidenganMenggunakan

CTLSiswaKelasXSMKKartika

1-1Padang

DipaKopertis

WilayahX

2

2013

PeningkatanKreativitasBerbicara

MuridTKMifthafulJannahdengan MenggunakanTeknikBermain Peran

DIPADIKTI

3

2014

PeningkatanKeterampilanMenulis

ParagrafDeduktifdan Induktif SiswaKelasXIMANKotoBaru MenggunakanModelPembelajaran KooperatifTipeJigsaw

DIPADIKTI

4

2017

Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Learning Tipe STAD pada pembelajaran  Menulis Teks Kurikulum 2013 (tahun 1)

DIPA DIKTI

5

2018

Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Learning Tipe STAD pada pembelajaran  Menulis Teks Kurikulum 2013 (tahun 2)

DIPA DIKTI

 

F.     Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

 

No

Tahun

Judul Pengabdian

Sumber

1

2012

Penggunaan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Adabiah Padang

Yayasan

2

2013

Sosialisasi Penulisan Surat Resmi di Jajaran Dinas Pendidikan Kecamatan SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan

Yayasan

3

2013

Model Pembelajaran Contecstual Teaching and Learning (CTL)  Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA 1 Sutera Pesisir Selatan

Yayasan

4

2014

Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat SMP se Kabupaten Darmasraya

Yayasan

5

2016

Motivasi Membaca Bagi Remaja di Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang

Yayasan

6

2017

Pelatihan Membawakan Acara Untuk Peserta Pesantren Ramadhan Masjid Syuhada Kelurahan Lubuk Buaya  Kecamatan Koto Tangah Padang

Yayasan

7

2017

Ibm SDN 09 Air Tawar Barat dan SDN 20 Berok Gunung Pangilun Padang Penggunaan  Media Audio Visual Untk Pembelajarn Menulis Karangan  Berbasis cd Interaktif  

DIPA DIKTI

8

2018

Workshop Pentingnya Media Pembelajaran bagi Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Khususnya Pada Keterampilan Menulis Siswa MIN 3 Gunung Pangilun Kota Padang

Yayasan

 

G.    Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal

 

No.

Judul Artikel Ilmiah

Nama Jurnal

Volume/ Nomor/ Tahun

1

Ketrampilan berbicara Murid TK Dengan Menggunakan Teknik Bermain Peran

EKOTRANS

14/2014

2

Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI-KN PI MAN Koto Baru Padangpanjang

Menara Ilmu

VIII/51/2014

3

Analisis Kesesuaian Buku Teks dengan Kurikulum 2013

Gramatika

IV/1/ 2018

 

H.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

 

No.

Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1.

ACER-N 2015

ProfesionalismeGurudalam

PenggunaanMediaAudioVisualpada

PengajaranMenulisKarangan

Fakulti Pendidikan UKM Malaysia

2.

Acer-n 2016

The Implementantion Of Cooperative Learning Model STAD Tip On Writing Negotiating Text At Class X Curriculum 2013

Grand Inna Muara Hotel Padang Sumatera Barat

3

RIKSA BAHASA X

Pengaruh Penggunaan Teknik Objek Langsung terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi

UPI Bandung

4

ISELLA 2017

Penggunaan Model Pembelajarn Cooperatif Learning Tipe STAD Pada Teks Hasil Observasi Kurikulum 2013

UIR Pekan Baru

5

LAMAS

Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif dalam Keterampilan Menulis Karangan Murid Sekolah Dasar negeri 20 dan SDN 09 Padang

UNDIP Balai Bahasa Jawa Tengah

6

ICLLT

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Kurikulum 2013 SMA N 3 Padang

UNNES- IKAPROBSI

Semarang

7

Icon elite

The Use of Student Learning Module (STAD) In Learning Writing Curriculum 2013

UNESA, 18 Juli 2018

 

I.       Perolehan HKI

 

No.

Judul/Tema HKI

Tahun

Jenis

Nomor P/ID

1.

Pembelajaran Menulis Teks

2018

Modul

000120814

 

J.      Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)

 

No.

Jenis Penghargaan

Institusi Pemberi Penghargaan

Tahun

1.

Dosen Berprestasi berdasarkan kinerja

STKIP PGRI SUMBAR

2018

Pimpinan Program Studi

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dra. Indriani Nisja, M.Pd

Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Samsiarni, M.Hum