foto1
Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
foto1
Kompetitif di Wilayah Sumatera pada Tahun 2026
foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Mengembangkan Kerja Sama dengan Berbagai Lembaga atau Instansi Terkait
foto1
Kompetensi Pendukung Lulusan: Jurnalis Media Cetak, Jurnalis Media Televisi, Pengajar BIPA

Mencerdaskan dan Menginspirasi Anak Bangsa

Statistik Pengunjung

394736
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
532
244
1286
391705
3448
6501
394736

Your IP: 54.159.51.118
Server Time: 2018-12-12 23:02:38

Login Form

Keakraban Mahasiswa 2018

 dengan Tema

 "Melalui Keakraban Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa da Sastra Indonesia Kita Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan"

 

Pada hari Sabtu, 10 November 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan acara Keakraban Mahasiswa Baru (KMB). Acara yang dilaksanakan dengan tema ”Melalui Keakraban Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kita Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan” ini, dihadiri oleh seluruh mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Selain itu, juga hadir Pimpinan dan seluruh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum acara dimulai, kata sambutan diberikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dra. Indriani Nisja, M.Pd. dan juga dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua III STKIP PGRI Sumatera Barat, Jarudin, Ph.D.

 

Read more: Keakraban Mahasiswa Baru Tahun 2018

Kuliah Umum dengan Tema " Etnis dan Politik Identitas : Paradoks Membangun Semangat

Kebangsaan, Prodi Pendidikan  Sejarah,  Prodi Bimbingan dan Konseling dan Prodi

Pendidikan  Bahasa & Sastra Indonesia Bersama Dr.  Asrinaldi,  M. Si.

 

Read more: Kuliah Umum 2018

STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar)  menggelar kegiatan Pembekalan Calon Wisudawan periode ke- 57 di STKIP PGRI Convention Centre (SCC)  pada Rabu (03/10). Kegiatan itu mengusung tema " Peluang dan Tantangan Dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0, yang diikuti oleh sebanyak 956 orang wisudawan termasuk 106 diantaranya calon wisudawan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan pembekalan tersebut dibuka secara resmi oleh ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan kepada seluruh calon wisudawan untuk selalu bersyukur dan terus belajar sampai akhir hayat. "Bersyukurlah dan minta pada Allah, S.W.T, mudah-mudahan perjuangan ananda semuanya dimudahkan," ujarnya. Ia juga nenambahkan, STKIP PGRI Sumbar tiada henti untuk selalu memperjuangkan mahasiswa dan alumni-alumninya. Hal itu sudah dibuktikan oleh STKIP PGRI Sumbar.  Pada acara wisuda yang akan datang, semua Ijazah,  transkrip nilai,  dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) wisudawannya sudah bisa dibagikan yaitu ketika mereka sudah dilantik secara resmi pada Sabtu dan Minggu (6-7/10). "Ini merupakan terobosan pertama kali yang dilakukan oleh STKIP PGRI Sumbar agar lulusannya bisa langsung terjun kedunia kerja" tegasnya. STKIP PGRI Sumbar melepas alumninya pada kategori level 6 dan tidak hanya membekali lulusannya untuk menjadi seorang guru,  tetapi banyak profil pendukung lainnya agar alumninya bisa bekerja di lapangan kerja. "mudah-mudahan dengan kegiatan ini calon wisudawan memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi persaingan dunia kerja" harapnya.

Kegiatan pembekalan tersebut diisi dengan acara penyampaian materi,  penyerahan kenang-kenangan dan penyerahan beasiswa dari alumni kepada mahasiswa STKIP PGRI Sumbar. Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah.  Prof.  Dr.  Werry Darta Taifur, SE, MA.  Mantan rektor Universitas Andalas dan Dr.  Erismar Amri, M. Si dari Unit Ketenagakerjaan dan Humas STKIP PGRI Sumbar. Mereka menyampaikan materi tentang Peluang, Tantangan dan Persiapan Dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan alumni oleh perwakilan calon wisudawan kepada STKIP PGRI Sumbar sebesar Rp.  143.400.000 serta penyerahan Beasiswa dari Alumni kepada perwakilan Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar.

Read more: Pembekalan Calon Alumni Wisudawan ke 57 STKIP PGRI Sumbar

STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) menggelar acara Wisuda Sarjana ke-57 di Gedung Sendiri yaitu di STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Jln.  Gunung pangilun,  Padang. Periode ini STKIP PGRI Sumbar mewisuda sebanyak 956 orang lulusannya dari 11 program studi (Prodi). Prosesi wisuda dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu,  tanggal 6-7 Oktober 2018. Kegiatan wisuda dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X (Sumbar,  Riau,  Jambi dan Kepulauan Riau),  Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

 

Ia menyampaikan STKIP PGRI Sumbar merupakan perguruan tinggi yang membanggakan bagi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X,  karena kampus ini terus maju dan berkembang dengan capaian-capaiannya, mulai bidang akademis sampai bidang non akademis, termasuk prestasi mahasiswa yang terus maju meningkatkan kinerjanya. "LLDikti akan selalu mendorong untuk terus maju meningkatkan layanan, mutu dan kualitasnya.  Semoga STKIP PGRI Sumbar semakin maju, dan terus menjadi kampus yang membanggakan" ungkap Herri.

Di sisi lain, Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Kementrian Ristekdikti kepada STKIP PGRI Sumbar yang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi dengan menyediakan tempat belajar bagi generasi muda.  "Jika tidak ada STKIP PGRI Sumbar, tidak bisa dibayangkan siapa yang akan menghasilkan tenaga pendidik yang akan mendidik generasi bangsa," ujarnya.  Menurut Herri, STKIP PGRI Sumbar selalu menjadi kampus yang  menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing baik nasional maupun global serta terus tumbuh menjadi kampus yang menghasilkan lulusan yang mumpuni di bidangnya.

Read more: Wisuda Sarjana ke-57 STKIP PGRI Sumbar

PKKMB Gerbang Awal bagi Mahasiswa Baru STKIP PGRI Sumatera Barat

STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) menjadi lingkungan baru bagi 1.239 mahasiswa yang baru diterima kuliah di perguruan tinggi itu untuk tahun akademik 2018/2019 ini. Awal pengenalan lingkungan kampus itu mereka lalui pada Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dimulai dari tanggal 20-30 September ini. Dalam kegiatan itu berbagai aktivitas kampus akan mereka ketahui dan lalui hingga masa wisuda tiba. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

Sedangkan, Anggota DPR RI Komisi X, Endre Saifoel yang juga hadir pada acara PKKMB tersebut menyampaikan bahwa dirinya juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada 70 mahasiswa baru yang diterima di STKIP PGRI Sumbar tersebut. Soalnya, kata Endre Saifoel, dari mahasiswa yang diterima perguruan tinggi ini juga berasal dari berbagai latar belakang perekonomian keluarganya. "Untuk mereka yang kurang mampu dan berprestasi, ada disediakan beasiswa. Mulai dari bidik misi dan beasiswa berprestasi," kata Endre Saifoel.

Untuk STKIP PGRI Sumbar sendiri, lanjutnya, akan ada penambahan kouta penerimaan beasiswa bidik misi dari 70 hingga 75 orang mahasiswa. Untuk mereka berprestasi, disediakan kuota beasiswa untuk 100 orang lebih. Terkait keinginan STKIP PGRI Sumbar menjadi universitas, Endre Saifoel yang akrab disapa Haji Wen, memberikan apresiasi dan dorongannya. "Saya siap membantunya nanti," tegas Haji Wen.

Read more: Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018

Pimpinan Program Studi

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dra. Indriani Nisja, M.Pd

Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Samsiarni, M.Hum