foto1
Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
foto1
Kompetitif di Wilayah Sumatera pada Tahun 2026
foto1
Program Studi dengan Akreditasi B BAN-PT
foto1
Mengembangkan Kerja Sama dengan Berbagai Lembaga atau Instansi Terkait
foto1
Kompetensi Pendukung Lulusan: Jurnalis Media Cetak, Jurnalis Media Televisi, Pengajar BIPA

Mencerdaskan dan Menginspirasi Anak Bangsa

Statistik Pengunjung

438015
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
172
181
738
435774
4956
5953
438015

Your IP: 118.97.164.113
Server Time: 2019-05-21 18:33:04

Login Form

Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat mendapatkan Akreditasi Nasional Jurnal Ristekdikti

 

Selamat untuk bapak/ibu tim Jurnal Gramatika beserta Jajaran pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat Beserta Pimpinan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Atas Keluarnya SK Akreditasi Jurnal Pada Sinta 3. Semoga Mampu Membawa Harum Nama Kampus Tercinta STKIP PGRI Sumatera Barat dan memotivasi tim-tim jurnal lain yang ada di Lingkungan Kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Mudah-mudahan kerja keras dan dedikasinya mendapat amal ibadah  berlipat ganda dan menjadi keberkahan untuk semuanya. Aamiin.

Silahkan Klik Link SK PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I

TAHUN 2019 di bawah ini

https://drive.google.com/file/d/1X9vOMfpEDXM2JYAIDs21y_UeuOxn2GnJ/view

STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar kegiatan pembekalan wisudawan ke-58 pada Senin, 8 April 2019. Kegiatan mengusung tema "Membangun Pendidik Yang Berkarakter di Era Society 5.0" yang digelar di Gedung STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Jl. Gunung Pangilun Padang. Kegiatan ini diikuti oleh 752 wisuda dan dibuka langsung oleh ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Zusmelia.

Dalam sambutan Ia menyampaikan bahwa STKIP PGRI Sumatera Barat selalu memperjuangkan mahasiswa dan alumni-alumninya. Hal itu sudah dibuktikan oleh STKIP PGRI Sumatera Barat diantaranya dengan dibekalinya mahasiswa dengan keahlian atau kompetensi yang bersertifikasi internasional, kemudian Ijazah,  transkrip nilai,  dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) wisudawan sudah bisa diambil satu hari pasca wisuda. "Ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh STKIP PGRI Sumbar agar lulusannya bisa langsung terjun kedunia kerja" tegasnya. Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan ucapan terima kasih karena sudah berproses di STKIP PGRI Sumatera Barat. "Selamat dan sukses untuk saudara semuanya, semoga saudara berhasil dan banggalah karena sudah berproses di kampus STKIP PGRI Sumatera Barat" ungkapnya. Ia juga berpesan kepada seluruh wisudawan " teruslah untuk me-update teknologi dan menguasai IT sesuai dengan tuntutan era 5.0, agar menjadi guru yang profesional, karena peran guru tidak akan bisa tergantikan oleh robot" ujarnya.

Sementara itu, ketua pelaksana, Citra Rahmayani menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 752 calon wisudawan, yang terdiri dari prodi pend. Biologi sebanyak 80 orang,  pend. Sejarah sebanyak 36 orang,  pend. Geografi sebanyak 52 orang,  Pend.  Bahasa Inggris sebanyak 100 orang,  pend. Matematika sebanyak 56 orang,  Bimbingan dan Konseling sebanyak 75 orang,  Pend.  Bahasa Indonesia sebanyak 106 orang,  Pend.  Ekonomi sebanyak 123 orang,  Pend. Sosiologi sebanyak 63 orang,  Pend. Informatika sebanyak 21 orang,  dan Pend.  Fisika sebanyak 14 orang.  Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih kepada unsur pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat yang selalu mendukung dan memotivasi demi terselenggaranya kegiatan ini.

Read more: Pembekalan Calon Alumni Wisudawan ke 58 STKIP PGRI Sumbar

Kuliah Umum dengan Tema " Etnis dan Politik Identitas : Paradoks Membangun Semangat

Kebangsaan, Prodi Pendidikan  Sejarah,  Prodi Bimbingan dan Konseling dan Prodi

Pendidikan  Bahasa & Sastra Indonesia Bersama Dr.  Asrinaldi,  M. Si.

 

Read more: Kuliah Umum 2018

Keakraban Mahasiswa 2018

 dengan Tema

 "Melalui Keakraban Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa da Sastra Indonesia Kita Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan"

 

Pada hari Sabtu, 10 November 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan acara Keakraban Mahasiswa Baru (KMB). Acara yang dilaksanakan dengan tema ”Melalui Keakraban Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kita Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan” ini, dihadiri oleh seluruh mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Selain itu, juga hadir Pimpinan dan seluruh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum acara dimulai, kata sambutan diberikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dra. Indriani Nisja, M.Pd. dan juga dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua III STKIP PGRI Sumatera Barat, Jarudin, Ph.D.

 

Read more: Keakraban Mahasiswa Baru Tahun 2018

STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar) menggelar acara Wisuda Sarjana ke-57 di Gedung Sendiri yaitu di STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Jln.  Gunung pangilun,  Padang. Periode ini STKIP PGRI Sumbar mewisuda sebanyak 956 orang lulusannya dari 11 program studi (Prodi). Prosesi wisuda dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu,  tanggal 6-7 Oktober 2018. Kegiatan wisuda dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X (Sumbar,  Riau,  Jambi dan Kepulauan Riau),  Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

 

Ia menyampaikan STKIP PGRI Sumbar merupakan perguruan tinggi yang membanggakan bagi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X,  karena kampus ini terus maju dan berkembang dengan capaian-capaiannya, mulai bidang akademis sampai bidang non akademis, termasuk prestasi mahasiswa yang terus maju meningkatkan kinerjanya. "LLDikti akan selalu mendorong untuk terus maju meningkatkan layanan, mutu dan kualitasnya.  Semoga STKIP PGRI Sumbar semakin maju, dan terus menjadi kampus yang membanggakan" ungkap Herri.

Di sisi lain, Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Kementrian Ristekdikti kepada STKIP PGRI Sumbar yang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi dengan menyediakan tempat belajar bagi generasi muda.  "Jika tidak ada STKIP PGRI Sumbar, tidak bisa dibayangkan siapa yang akan menghasilkan tenaga pendidik yang akan mendidik generasi bangsa," ujarnya.  Menurut Herri, STKIP PGRI Sumbar selalu menjadi kampus yang  menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing baik nasional maupun global serta terus tumbuh menjadi kampus yang menghasilkan lulusan yang mumpuni di bidangnya.

Read more: Wisuda Sarjana ke-57 STKIP PGRI Sumbar

Pimpinan Program Studi

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dra. Indriani Nisja, M.Pd

Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Samsiarni, M.Hum